Senin, 13 Februari 2023

5 Cara Agar Smartphone Kamu Awet


Biasanya smartphone setiap 2 atau 3 tahun itu akan mengalami berbagai kendala, bahkan beberapa mengalami kerusakan fatal. Tetapi sebenarnya waktu 2 hingga 3 tahun itu terlalu cepat untuk mengganti smartphone Anda karena kerusakan. 

Lantas bagaimana agar smartphone yang kita pakai itu bisa lebih awet dan tidak mengalami kendala, walaupun sudah lama kita gunakan untuk berbagai macam?

Mimin ada sedikit tips nih agar smartphone kamu awet walaupun udah bertahun tahun kamu pakai

 

Baca Juga >> Penyebab HP Android Cepat Panas


1. Hindari situasi berisiko

Coba hitung, berapa banyak smartphone yang pernah jatuh ke toilet atau kolam renang? pasti tidak terhitung kan ? dan sebagian besar smartphone jika sudah terkena air pasti akan rusak; terkecuali smartphone yang sudah punya sertifikat IP68.

Maka dari itu hindarilah membawa ponsel di pusat air, misalnya WC, kamar mandi, kolam renang, pinggiran pantai, dll. Tidak hanya itu, bahkan tepi meja, tangga, terutama jika lantainya sangat keras, mau seberapa tinggi smartphone Anda terjatuh dan mengenai itu, 50% kemungkinan smartphone Anda akan mengalami kendala hingga kerusakan.

Singkatnya, karena kita harus membawa ponsel ke mana-mana, kita harus tetap memperhatikan fakta bahwa smartphone hanyalah sepotong besar kaca yang rapuh, jadi tidak ada salahnya kita harus selalu memperhatikan smartphone kita agar tetap aman dalam kondisi apapun.


2. Lindungi ponsel cerdas Anda

Terlepas dari model "kokoh" smartphone biasanya dijual tanpa perlindungan, seperti case atau tempered glass.

Oleh karena itu smartphone wajib dilengkapi dengan tempered glass dan juga case yang kuat agar jika tidak sengaja terjatuh, smartphone Anda masih baik" saja.


3. Perhatikan battery nya

Untuk menjaga baterai agar tidak mudah ngedrop, lebih baik mengisi daya lebih sedikit tetapi lebih sering. Sebenarnya untuk mengisi battery, saat sudah 90% itu sudah cukup, dan juga jangan sampe battery drop ke angka 10% kebawah. Terlebih lagi biasanya beberapa orang mengisi battery mereka sambil ditinggal tidur (semalaman), Memang beberapa smartphone mempunyai fitur eject otomatis ketika penuh, tapi tetap saja kami tidak menyarankan Anda untuk mengisi battery semalaman.

Untuk penggunaan pengisi daya cepatvjuga harus dibatasi, gunakanlah fitur pengisi daya cepat hanya ketika keadaan mendesak, karena baterai lebih akan lebih awet jika diisi dengan daya yang standar.

Terakhir, panas berlebih (30, 40°C) juga harus dihindari jika memungkinkan.

 

4. Perbarui ponsel Anda

Melakukan pembaruan keamanan memungkinkan smartphone Anda akan terlindungi dari serangan virus, trojan, pembajakan, dll. Risikonya juga akan semakin besar jika Anda tidak melakukan pembaharuan tetapi sering Anda gunakan untuk tujuan sensitif (perbankan, dll.).

Lantas bagaimana jika ponsel tidak lagi menerima pembaruan? kami tidak memiliki solusi, Anda harus membeli smartphone baru jika ingin terus menerima pembaruan.

Di Android, Anda dapat mencoba menginstal apa yang disebut ROM alternatif. Yang paling terkenal tidak diragukan lagi adalah LineageOS. Tanpa membahas detail secara teknis, komunitas pengembang independen terus membuat versi Android terbaru yang kompatibel di ponsel yang tidak lagi didukung secara resmi oleh pabrikannya. Dengan kata lain, mereka melakukan pekerjaan pembaruan yang tidak dilakukan oleh pembuatnya. Dan tentunya gratis tidak dipungut biaya apapun.

Keuntungannya Anda dapat terus menggunakan versi Android terbaru di ponsel lama.


5. Selalu lakukan pembersihan lanjutan

Terkadang kami mengganti telepon kami karena sudah penuh. Terlalu sering ponsel dijual dengan penyimpanan internal yang terlalu sedikit. Alhasil, ya sudah pasti memori akan cepat penuh.

Jadi yang kami sarankan adalah membuat ruang! Bisa dengan menghapus atau mengarsipkan SMS, percakapan Whatsapp, dan yang terpenting, foto dan video jika dirasa sudah tidak digunakan lagi, lebih baik dihapus saja. Atau bisa juga seperti video/foto dipindah ke tempat lain, misalnya di flashdisk, harddisk, mmc, dll.

Disarankan juga untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tampaknya sudah tidak berguna.

Jika itu tidak cukup, Anda harus menggambar pengoptimalan dan melihat di menu untuk cara menghapus file sementara atau cache. Ada banyak artikel di web yang menjelaskan cara melakukannya.

Tambahan, mungkin bisa dengan Anda menambahkan kartu micro sd agar penyimpanan di smartphone Anda jauh lebih lega dari sebelumnya.



Sekian dulu artikel dari saya. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman semua. Terus kunjungi verdehilez.blogspot.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


Comments


EmoticonEmoticon