Kamis, 02 Februari 2023

Tips Buat Kamu Yang Susah Tidur

 

Bagaimana cara cepat tertidur?

Sangat sering dibutuhkan beberapa menit atau bahkan beberapa jam untuk tertidur. Kadang jika tidur terlalu malam, di pagi hari nya badan akan terasa lelah, dan merasa belum cukup tidur.

Lalu pertanyaannya bagaimana agar diri kita cepat tertidur? 

Berikut adalah beberapa tips yang memungkinkan Anda langsung tertidur dalam waktu yang lebih singkat, Check it out :


Baca Juga : Rekomendasi channel youtube untuk menemani kamu saat bermain genshin impact


Tips 1

  • Mulailah dengan menghilangkan segala sesuatu yang dapat mencegah Anda tertidur (ponsel, tablet, televisi, kebisingan, cahaya atau suara tetangga yang sedang ribut).
  • Keluarkan lidah dari mulut dan sentuh langit-langit mulut dengan ujung lidah. Anda harus mempertahankan posisi ini selama 1-5 menit.
  • Hembuskan semua udara di paru-paru Anda.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan perlahan hitung sampai 4.
  • Tahan napas dan hitung sampai 7.
  • Buang napas dengan keras melalui mulut selama 8 detik (hitungan).
  • Ulangi sampai Anda memasuki tidur nyenyak


Tips 2

Jaga pola makan agar mudah tertidur

Apa dan bagaimana Anda makan saat makan malam dapat memengaruhi tidur Anda. Makan malam adalah waktu makan yang paling sulit untuk diatur oleh kita semua. Memang, sangat sering tidak cukup waktu untuk mencerna semuanya sebelum tidur, dan ini menyebabkan kembung, yang menyebabkan kita susah untuk tidur.
Oleh karena itu, sebaiknya makan malam lebih awal dan membatasi makanan yang sulit dicerna, seperti makanan berlemak atau bergula. Penting juga untuk makan dalam jumlah yang wajar agar tidak sakit perut sebelum tidur. Demikian pula, disarankan untuk menghindari stimulan seperti kopi, teh, dan alkohol di penghujung hari.


Tips 3

Hindari layar agar lebih mudah tertidur

Layar televisi, smartphone, atau komputer memancarkan cahaya biru. Yang terakhir memblokir sekresi melatonin, hormon yang memungkinkan tidur. Melihat layar sebelum tidur mengganggu jam biologis Anda. Mematikan lampu dan layar adalah solusi sebelum tidur, memang kebiasaan sulit untuk ditinggalkan, tapi jika diulangi setiap hari maka lama kelamaan akan terbiasa.


Tips 4

Menyiapkan perlengkapan sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. 

Ini memungkinkan untuk tertidur lebih cepat setelah berbaring. Ini juga logika yang diterapkan orang tua pada anak kecil mereka (memakai piyama, menyikat gigi, membaca cerita, dll.).

Untuk tidur nyenyak, kenakan pakaian tidur Anda, gosok gigi, pergi tidur dan luangkan waktu untuk bersantai. Anda bisa membaca buku, atau melakukan sesi meditasi.

Relaksasi sebelum tidur seringkali meningkatkan kualitas tidur. Sebelum tidur, misalnya Anda bisa mandi air hangat. Awalnya, pemandian ini akan membuat Anda rileks. Kemudian, penurunan suhu bak mandi secara bertahap membantu Anda tertidur.

Melakukan yoga juga dapat membantu Anda kembali tidur dengan nyenyak. Postur tertentu, seperti Supta Baddha Konasana atau Viparita Karani diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur.

Anda juga bisa berlatih meditasi atau melakukan latihan pernapasan sesaat sebelum tidur agar tidur lebih cepat. Ini semua tentang menemukan metode relaksasi yang paling efektif untuk Anda!


Tips 5

Tempat tidur yang nyaman

Satu lagi yang terpenting apakah tempat tidur Anda cukup nyaman untuk tidur nyenyak? Bukan rahasia lagi, memilih tempat tidur yang baik sangat membantu Anda cepat tertidur. Memang, apa yang lebih menyenangkan dan menenangkan daripada meringkuk di tempat tidur yang nyaman, iya gak?

Alas tempat tidur yang nyaman, kasur, dan bantal sangat penting untuk cepat tertidur. Selain itu, tempat tidur berkualitas buruk berdampak negatif langsung pada kualitas tidur. Jadi pastikan untuk mengganti tempat tidur sesering yang diperlukan, dan belilah tempat tidur yang nyaman untuk menikmati tidur yang nyenyak dan cepat. Demikian pula, ingatlah untuk menyesuaikan selimut Anda dengan musim saat ini, jangan tidur terlalu tertutup di musim panas, dan tutupi diri Anda secukupnya agar tidak terganggu oleh suhu di musim dingin.

 

 

Demikian sedikit tips dari saya dan jangan lupa berdoalah sebelum tidur menurut agama dan kepercayaan kalian masing". 




#Tipsinsomnia

#Susahtidur

#Tidurnyenyak

#Sulittidur

Comments


EmoticonEmoticon